Senin, April 04, 2011

Teleportasi - Topik Terpanas dalam Bidang Fisika Mekanika Kuantum

Teleportasi adalah ide pengalihan materi dari satu titik ke titik lain, kurang lebih instan, mirip dengan konsep apport, kata yang sebelumnya digunakan dalam konteks spiritualisme. Teleportasi digunakan secara luas dalam karya fiksi ilmiah dan fantasi.
Kata "teleportasi" diciptakan pada tahun 1931 oleh penulis Amerika Charles Fort untuk menggambarkan penghilangan aneh dan penampilan dari anomali, yang ia menyarankan agar dapat digabungkan, Ia menggabungkan dengan Yunani pada awalan tele - (berarti jauh) dan bahasa latin verba portare (yang berarti membawa)
(from wikipedia indonesia - Teleportasi)


masih penasaran abis di ajarin sama guru Fisika gw di sekolah tadi setelah
bahas tentang gerak relatifitas yang berujung ke Teleportasi, gw cari lagi di internet dan mengumpulkan referensi sebanyak"nya :) gw kumpulin dah disini!

Mungkinkah sebuah alat untuk memindahkan makhluk hidup, dari indonesia langsung ke afrika dalam 1 detik? nanti sajalah kita pikirkan tentang sebuah makhluk, sedangkan memindahkan 1 atom saja dalam jarak jauh dan waktu yang singkat saja itu sudah memusingkan =.=;

pernah main game dan masuk alat teleportasi dan langsung pindah ke markas musuh untuk meledakkannya dan kembali lagi ke alat teleport tadi untuk kembali ke base dan merayakan keberhasilan kalian menghancurkan markas musuh?

 

mungkin kalo di dunia game ini masih bisa kita "iya" kan, gmana kalo di kehidupan nyata kita, "mungkinkah" itu?

nah itulah teleportasi atau warp atau dematerialising, atau juga "beam me up" dalam film Star Trek! Dalam pikiran kita mungkin ini sebuah hal yang mustahil, bagaimana bisa hal itu diciptakan, mungkinkah ada Buroq kedua setelah Buroq yang dinaiki Nabi Muhammad SAW yang dapat menembus 7 langit dalam sekejab mata?

Itulah teknologi teleportasi yang masih menjadi impian sampai saat ini. Tapi, laboratorium fisika Australian National University (ANU) baru-baru ini sukses memindahkan sinar dari satu tempat ke tempat lain sejauh sekitar 1 m dalam sekedipan mata saja.

Menurut pimpinan proyek Lam Ping Koy, ada kedekatan antara apa yang dicapai timnya dengan berpindahnya orang dalam film fiksi-ilmiah Star Trek.

Akan tetapi ia menambahkan, masih jauh kemungkinan memindahkan makhluk hidup. "Pada tataran teori, tidak ada yang menghalangi kami untuk melakukannya. Tapi kompleksitasnya persoalan yang sangat besar membuat tak seorang pun yang memikirkan hal itu untuk saat ini," katanya oada pada suatu konferensi pers.

Bagaimanapun, ia menyatakan bahwa ilmu pengetahuan tidak jauh lagi untuk bisa memindahkan benda padat dari satu lokasi ke lokasi lainnya. "Perkiraan saya ... dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun ke depan mungkin ada orang lain yang bisa melakukan teleportasi terhadap satu atom," kata Dr. Lam yang sudah bergulat dengan persoalan teleportasi sejak tahun 1997.

Persoalan yang menyangkut teleportasi manusia adalah karena ada triliunan atom pembentuk tubuh manusia yang harus dikumpulkan dan dianalisis oleh sebuah mesin. "Untuk menganalisis satu atom saja kita belum mampu," tambah Dr. Lam.

Pintu bagi persoalan itu bisa dibuka jika dikembangkan sistem komunikasi supercepat dan superaman, seperti komputer kuantum. Para fisikawan percaya bahwa komputer kuantum bisa mengatasi kelemahan komputer klasik dalam memecahkan persoalan jutaan kali lebih cepat.

Teleportasi menjadi salah satu topik terpanas dalam bidang fisika mekanika kuantum dalam beberapa dekade belakangan. Itu semenjak lab IBM di Amerika memberikan dukungan bagi upaya ini tahun 1993. Sejak itu, sekitar 40 lab di seluruh dunia mulai melakukan uji coba pada bidang ini.

Idenya adalah jika partikel kuantum seperti elektron, ion, dan atom memiliki sifat-sifat yang sama, pada dasarnya semua adalah sama. Maka, jika sifat-sifat partikel kuantum pembentuk sebuah objek direproduksi di dalam grup partikel lain, akan terjadi duplikasi yang sama persis dengan objek aslinya. Dengan begitu, hanya informasi tentang sifat-sifat partikel yang diperlukan yang dikirim. Bukan partikelnya. Ketidakmampuan untuk meneruskan informasi inilah yang masih menjadi batu sandungan.

Para peneliti dari lab ANU tadi mengeksploitasi satu fenomena apa yang disebut quantum entanglement yang menghubungkan unsur dari dua photon cahaya yang tercipta bersamaan. Dengan begitu, kedua unsur cahaya tadi bisa dibuat dan dikirim ke tempat yang berbeda. "Kita telah mengumpulkan miliaran photons, menghancurkannya secara bersamaan, lalu menciptakannya kembali di tempat lain," kata Dr. Lam.

Anggota tim, Warwick Bowen menyatakan bahwa teleportasi sinar laser pertama yang berhasil dilakukan pada 23 Mei 2002. Beberapa uji selanjutnya menuai kesusksesan yang sama dengan menggunakan transporter seukuran mobil mungil.

"Ini semacam percobaan rumit yang tidak seorang pun tahu apakah partikel yang di uji bekerja sebagaimana mestinya sampai kamu melakukannya .. dan nyatanya sistem kami sangat bagus," katanya.




Jika manusia sudah bisa diteleportasi, maka musnahlah alat transportasi. 
Jadi, bisa disimpulkan kalo alat transportasi untuk beberapa taun kedepan mungkin aja diciptakan, yah walaupun proyek ini lambat, tapi banyak percobaan" ini yang mendekati dan semakin belajar dari kesalahan" tentang mesin teleport! bisa dibayangin, loe bisa minta tanda tangannya si Jacky Chan dalam sekejab ke Cina sono dan balik ke rumah trus pamerin sama temen" loe! haha :)
tapi gw juga ada baca tadi di wingoffate.multiply.com soal kemungkinan buruk yang terjadi akibat gagal teleportasi, 



Pernah nonton spongebob yang melakukan teleport dari rumah Sandy langsung ke Krusty Krab?
teorinya gini, spongebob di pecah molekul" tubuhnya lalu di kirim dengan kecepatan yang luar biasa hingga kedepan pintu depan Krusty Krab. Sayangnya molekul spongebob bercampur dengan squidward yang kebetulan juga sedang berada di depan pintu depan Krsty Krab, akhirnya menjadikan mereka :
 

aneh =.=; ini hanya satu dari banyak masalah yg dapat terjadi karena kegagalan teleportasi,

Kalaupun kita bisa membuat mesin seperti itu, tidak mungkin orang yang diteleportasikan benar-benar dipindahkan. Mesin tersebut bekerja lebih mirip mesin fax—duplikat orang yang diteleportasi akan dibuat di mesin penerima, tapi dengan presisi yang jauh lebih tinggi daripada mesin fax. Tapi apa yang terjadi dengan objek asli? Salah satu teori menyatakan bahwa teleportasi akan menggabungkan kloning genetik dengan digitisasi.
Dalam kloning biodigital ini, secara logika yang dipindahkan akan tewas. Pikiran dan tubuh asli mereka akan hilang. Sebagai gantinya, struktur atom mereka akan dicipta ulang di lokasi lain, dan digitisasi akan mencipta ulang memori, emosi, harapan dan impian. Sehingga orang tersebut akan tetap ada, tapi dalam tubuh yang baru, dengan struktur atom yang sama dengan tubuh asli, dan diprogram dengan informasi yang sama.


"bukan tidak mungkin memecah molekul sebuah makhluk dan menyusunnya kembali di tempat lain. Anggap saja kita masuk kedalam "Mesin X" lalu di alat ini, susunan molekul kita di Save, masuk ke "Mesin Y" molekul kita dipecah berkeping" hingga atomic dan diterbangkan ke "Mesin Z" untuk disusun kembali dengan rapi. letakan mesin X dan Y di "daerah A" lalu mesin Z di "daerah B", inilah yang namanya teleportasi"

tapi terlalu gampang teori yg gw buat, seyogyanya hal ini butuh pemikiran yang "GENIUS"! gk segampang yg gw omongin diatas =.=;

nah, sekarang tinggal loe tunggu aja beberapa tahun kedepan, TELEPORTASI akan menjadi NYATA!
loe bisa tanya" sama om gogel atau mbak wiki atau juga cari video" referensinya di Youtube kalo loe masih belum puas sama postingan gw, hehe :)

1 komentar:

  1. keren gan, gua percaya teleportasi itu posible
    bokap gua filosofis, dia nulis buku, yang ga sengaja gua baca, abad 22 bakal ada tuh mesin teleportasia, awalnya gua agak aneh ama bukunya, pas baca" di google keknya posible juga pemikiran dia.
    thx gan keren artikelnya :D

    BalasHapus